Relationship

Setrika.in Licinnya Bisnis Setrika Online

Buat sebagian orang, tumpukan setrikaan seringkali jadi sumber keluh kesah, tapi bagi Ary Putri (31) gunungan baju kusut justru menjadi sumber nafkah.

 

 Nilai jual usaha

Tumpukan cucian bisa diselesaikan dengan mesin, namun untuk melicinkan pakaian seringkali tetap menjadi beban berat ibu rumah tangga. Lewat layanan setrika.in Anda bisa mendapatkan pakaian licin, rapi, harum, bebas jamur dengan cepat tanpa repot. Sistem antar-jemput layanan sangat memudahkan konsumen. Menjanjikan tak membuat warna pudar atau kain rusak sebab pengerjaan disesuaikan dengan ironing care label tips dari masing-masing bahan pakaian.

Jasa yang ditawarkan

Jasa setrika reguler dengan layanan 36 jam selesai, setrika ekspres 2-3 jam selesai, dan setrika premium yang menggunakan hanger. Biasanya layanan setrika premium ini untuk pakaian pesta atau kantor yang membutuhkan kelicinan ekstra.

Modal yang dibutuhkan

  • Modal awal produksi sekitar 9 juta rupiah. Digunakan untuk membeli peralatan setrika uap standar laundry premium, gantungan pakaian, plastik pakaian, bahan-bahan chemical seperti pelicin dan pengharum pakaian dengan standar laundry premium.
  • Menyiapkan kapasitas listrik minimal 2200 watt.
  • Menyiapkan 2 orang tenaga kerja, yaitu bagian produksi setrika dan kurir.

 

Langkah-langkah menjalankan usaha

  1. Menyiapkan setrika uap, gantungan pakaian, plastik pakaian dan plastic sealer untuk packing pakaian yang sudah di setrika, serta box untuk delivery pakaian.
  2. Menentukan bahan chemical yang digunakan, agar mempunyai wangi yang khas.
  3. Mencari mitra setrika atau mereka yang akan membantu pekerjaan setrika sesuai order di berbagai wilayah agar konsumen mudah menjangkau.
  4. Melakukan promosi melalui teman-teman dan kerabat dekat, media sosial, spanduk, dan brosur.

 

Target pasar

Ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga.

 

Potensi keuntungan

Dengan harga yang ditawarkan mulai dari 250-8000 rupiah per potong (sapu tangan hingga gorden), mitra setrikanya menerima order kurang lebih 1000 pakaian per hari. Tidak kurang setiap bulannya Ary mendapatkan keuntungan minimal 10 juta rupiah.

 

Kendala dan solusi

Kendala utama diakui Ary adalah belum luasnya jangkauan setrika.in, sehingga layanan setrika online ini masih berkutat di daerah Malang (kota). Untuk mengembangkannya setrika.in berencana memperluas wilayah jangkauan layanan dengan menjalin mitra di wilayah lain. Dengan demikian, nantinya jasa setrika ini akan dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas.

 

Silahkan kunjungi websitenya di www.setrika.in

 

(Laras Eka Wulandari)

Foto: sxc.hu

Share Button

Comments

comments

Previous post

Apartemen Idaman

Next post

Simulasi Dana Si Kecil Menuju Kampus