Tips Membuat Dapur Yang Sehat

Bisnis foodservice, baik itu catering Jakarta dengan masakan prasmanan sampai restoran mewah dengan makanan berkelas pasti sudah memahami bahwa sukses berawal dari dapur anda.

Dapur bisa menjadi sebuah cerminan dari bisnis yang sedang anda lakukan sekarang, karena dapur yang kotor bukan hanya berdampak buruk bagi pelanggan tetapi juga bisa merusak citra usaha kuliner anda.

Memiliki standar higienis yang baik merupakan syarat mutlak bagi para pengusaha kuliner. Maka dari itu, Anda perlu sangat memperhatikan kondisi dapur agar tetap bersih, rapi, dan higienis.

Dapur bersih dan sehat akan membuat calon pelanggan percaya bahwa pesan catering atau pesan di restoran yang anda kelola tinggi berkualitas dari segi kebersihan dan kesehatannya. Berikut ini beberapa tips membuat dapur anda tetap bersih :

Rutin Membersihkan Dapur dan Sekitarnya.
Kain pembersih di dapur adalah wajib hukumnya, kain tersebut dapat membantu anda untuk membersihkan semua peralatan dapur dengan cara mengelapnya setelah digunakan.

Kebersihan papan pemotong.
Sebaiknya Anda memisahkan antara papan pemotong daging dengan sayur, karena pada daging terdapat bakteri Salmonella yang dapat mengakibatkan keracunan. Ada baiknya segera mencuci dengan sabun anti bakteri sampai bersih setelah digunakan.

Selalu Menggunakan air hangat untuk membilas peralatan dapur.
Setelah Anda mencuci peralatan dapur menggunakan sabun anti bakteri, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat kuman yang menempel pada sabun ikut dibersihkan juga.

Buang Segera Makanan Basi dan Sisa Makanan.
Bahan makanan yang sudah beberapa hari tidak digunakan atau diolah, sebaiknya segera dibuang dari tempat penyimpanan makanan. Hal ini bertujuan agar bahan makanan yang membusuk karena lupa dibuang tidak mencemari bahan lain yang masih baru, karena makanan yang sudah membusuk mengandung virus dan bakteri.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *