Pihak Chris Burden Tuntut Pengelola Taman Hiburan di Indonesia Karena Copyright Infringement

Properti mendiang artis Chris Burden menggugat sebuah taman hiburan di Indonesia karena masalah copyright infringement. Dalam gugatan yang diajukan pada 4 Juni, properti Burden menuduh pemilik dan operator Rabbit Town, sebuah objek wisata di kota Bandung, menyalin salah satu karya Burden yang paling terkenal, Urban Light (2008), yang menampilkan 202 lampu jalan yang telah direstorasi secara permanen. 

dipasang dalam pola grid di alun-alun di depan Los Angeles County Museum of Art (LACMA). Salah satu objek wisata Rabbit Town yang paling fotogenik dari banyak objek wisata ramah Instagram adalah rangkaian lampu jalan yang dijuluki "Love Light". 

Tanah milik Burden menyerukan agar pemasangannya dihapus, Rabbit Town untuk mengeluarkan permintaan maaf, dan untuk kompensasi "untuk kerugian material dan immateriil" untuk real Burden, menurut siaran pers. Dalam sebuah pernyataan, direktur eksekutif Burden Estate Yayoi Shionoiri mengatakan: Kami mengetahui jumlah kreativitas artistik, waktu, energi, dan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan Urban Light.

 Rabbit Town tidak pernah meminta izin untuk menggunakan hak cipta Chris Burden, dan haknya sebagai artis perlu dilindungi.

Rabbit Town telah menghadapi tuduhan penuh dengan penipuan sejak dibuka pada tahun 2018. Atraksi lainnya termasuk instalasi dan pahatan yang sangat menggugah karya Yayoi Kusama, dan ruang dengan lampu gantung berbentuk kerucut es krim yang sangat mirip dengan sebuah instalasi di Museum of Ice Cream. Urban Light telah menjadi atraksi Los Angeles yang ikonik sejak dipasang di luar LACMA pada tahun 2008, dan merupakan simbol dari instalasi berskala besar yang secara teknis rumit yang merupakan ciri khas dekade-dekade terakhir karir Burden; yang lain, Metropolis II dari tahun 2010, 

menampilkan sekitar 100.000 mobil yang berputar-putar di sekitar model skala kota dan dalam pandangan jangka panjang di dalam museum. Karya sebelumnya termasuk karya seni pertunjukan yang melelahkan dan berbahaya di mana ia ditembak, dipaku ke kap mobil, dan merangkak di atas pecahan kaca, di antara prestasi lainnya. Burden meninggal pada 2015 pada usia 69 tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *