Anak Bandel? Tidak Perlu Marah

Anak Bandel? Tidak Perlu Marah

Anak Bandel? Tidak Perlu MarahKetika anak tiba di rumah dengan badan penuh keringat sehabis bermain, bajunya kotor penuh noda tinta, cat, hingga tanah. Apa yang akan Anda lakukan?

Zaman kini sudah berubah. Di masa kini, ibu diharapkan makin luwes untuk menjalankan perannya. Marah? Kalau tak perlu sekali, tak usah dilakukan karena terlalu sering marah di depan anak dapat melahirkan anak-anak dengan kadar empati rendah. Untuk itu atasi emosi Anda dengan cara berikut.

1. Segera bayangkan anak Anda ketika masih bayi. Hati Anda akan luluh, sama seperti ketika Anda menghadapinya ketika ia masih bayi.

2. Pergilah pindah ke ruangan lain untuk menenangkan diri setidaknya selama 1-2 menit sebelum bicara dengan anak Anda.

3. Jika amarah Anda sudah terlanjur meledak, ingatlah untuk tidak menyalahkan anak Anda. Jangan malu untuk meminta maaf pada anak-anak. Anda bisa mengatakan, “Ibu kecewa dengan perbuatanmu tapi tidak seharusnya ibu marah seperti itu. Maaf, ya.

Setiap anak aktif cenderung nakal memang kadang menjengkelkan, namun hal tersebut patut pula kita syukuri. Tak sedikit pula anak yang cenderung tertutup dan tidak aktif, hal ini justru bukanna lebih harus dikhawatirkan bukan?