Cara Membangun Reputasi Yang Baik

Cara Membangun Reputasi Yang Baik

Kilala Tilaar, Sales & Marketing Director Martha Tilaar Group, memaparkan pentingnya konsistensi visi, “Martha Tilaar telah memproklamirkan story yang sama selama 44 tahun, yaitu “Local Wisdom to Inspire”.”

Kilala berbagi bagaimana Martha Tilaar Group bisa bertahan hanya dengan satu jenis bidang usaha.
“Kami memang tidak punya jenis usaha lain, tetapi kami fokus. Dari hulu sampai ke hilir kami miliki, mulai dari perkebunan hingga packaging sampai distribusi.” Martha Tilaar juga berani mengambil risiko, seperti kehilangan 60% sales margin demi mendapatkan channel yang tepat. Martha Tilaar saat itu harus mencabut produknya dari Tebet untuk bisa masuk ke Metro. Kini, Martha Tilaar adalah brand kosmetik Indonesia pertama yang dijual di Sephora.

Mengatasi tantangan mencari dan membentuk tim yang tepat, Ira Noviarti, Board of Director Unilever Indonesia, mengakui bahwa kekuatan tim menentukan kesuksesan bisnis. Saat merekrut, pastikan kemampuan anggota tim sesuai ekspektasi. Jalin komunikasi yang baik antar anggota tim, dan berikan reward saat tim berprestasi.

Globalisasi membuat setiap orang patut memiliki personal branding. Helena Abidin, Director Marketing BMW Indonesia dan personal branding strategist memaparkan bahwa personal branding adalah citra dan reputasi kita sendiri, bukan yang diharapkan orangtua, saudara, atau pasangan kita.

Tempat kita bekerja tidak boleh ‘menghilangkan’ personal branding kita. Seperti Karl Lagerfeld yang memiliki labelnya sendiri di samping menjadi desainer Chanel. Personal branding haruslah autentik, unik, menarik, berpengaruh, berkelas dunia, relevan, dan memiliki footprint digital yang kuat.

Membangun reputasi yang baik itu penting

Membangun reputasi yang baik itu sangat penting. Apakah untuk membangun branding dengan reputasi yang baik atau membangun reputasi untuk personaliti, ini akan membuat banyak hal menjadi lebih baik.

Dengan brand terkenal dengan reputasi yang baik. Ini akan menjadikan penjualan dan lainnya berjalan dengan baik. Branding sendiri memang sangat penting karena menjadi salah satu ujung tombak dalam strategi marketing.