Go Green Dapat Dimulai Dari Rumah

Go Green Dapat Dimulai Dari Rumah

Menyelamatkan lingkungan bisa dimulai dari rumah. Lewat penghematan listrik, risiko pencemaran dan kerusakan lingkungan bisa berkurang. Karena kita mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, mengurangi emisi CO2 global. Menghemat listrik bukan sekadar mematikan lampu. Ini caranya agar anda dapat membantu Go Green melalui rumah.

Tampil Natural

Jika selama ini Anda menghabiskan waktu lama di depan cermin untuk menata rambut, pikirkan lagi. Data perhitungan dari Institute for Essential Services Reform (IESR) menunjukkan satu jam penggunaan hair dryer menyumbangkan CO2 sebesar 891 gram. Sementara, satu jam penggunaan hair iron atau catokan menyumbangkan CO2 sebesar 178 gram. Jadi, mulailah memilih untuk membiarkan rambut kering secara alamiah. Biarkan hair iron hanya digunakan seperlunya saja. Selain tidak mengonsumsi energi listrik, rambut pun lebih sehat karena tidak terpapar panas.

Rumah Terang Alami

Masih menurut IESR, menyalakan lampu 10 watt selama satu jam artinya Anda menyumbangkan emisi CO2 terhadap alam sebesar 8,91 gram. Sebaiknya buatlah desain rumah yang bisa menangkap cahaya matahari. Dengan begitu, lampu bisa dimatikan saat siang hari.

Go Green Dapat Dimulai Dari Rumah

Game Over

Batasi penggunaan gadget untuk sekadar bermain. Alihkan pada kegiatan yang lebih bermanfaat dan jika perlu lebih bersahabat dengan alam, misalnya merawat kebun mini di halaman. Menurut penghitungan IESR, satu jam penggunaan PC dan monitor akan menghasilkan 223 gram emisi CO2 untuk alam. Jika menggunakan tablet, sebanyak 8,91 gram yang dihasilkan setiap jamnya.