Mengenal Istilah Pada Tindakan Dunia Kecantikan

Mengenal Istilah Pada Tindakan Dunia Kecantikan

Dunia kecantikan saat ini memang berkembang sangat pesat. Memanfaatkan banyak teknologi yang ada, dunia kecantikan memiliki banyak penggemarnya saat ini. Mulai dari perawatan, penanganan medis untuk kecantian semuanya kini telah berkembang.

Nah ada beberapa istilah di medis atau klinik kecantikan yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Kami memberikan beberapa istilah dalam dunia kecantikan serta arti dari istilah tersebut, langsung saja.

Laser fractional ablative laser

Merupakan suatu prosedur bedah laser yang bertujuan untuk mengikis garis-garis keriput di wajah. Terapi ini dapat menimbulkan rasa nyeri setelah proses. Disarankan untuk melakukan suntikan bius atau pemberian krim sebelum tindakan agar kulit kebal terhadap rasa sakit.

Laser fractional nonablative

Mirip laser ablative yang merupakan suatu prosedur bedah laser, namun laser ini sifatnya tidak mengikis dan tidak menyebabkan kerusakan lapisan luar kulit. Perawatan ini digunakan untuk menghilangkan vlek atau bintik-bintik hitam yang ada di wajah.

Laser Q-switch

Terapi ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan pigmentasi kulit. Bisa juga untuk menghapus tato. Cara kerjanya menggunakan energi cahaya yang diserap oleh pigmen kulit, salah satunya seperti melanin.

Intense pulsed light (IPL)

Berfungsi untuk menghilangkan kerutan di wajah sekaligus sebagai penghilang rambut di area tertentu. Dengan teknologi yang memproduksi cahaya intensitas tinggi atau biasa dikenal dengan photo rejuvenation. Cahaya yang dihasilkanbisa mematikan akar rambut, hingga rambut hilang secara permanen.

Thermage

Merupakan proses pengencangan kulit wajah yang kendur dengan cara memanaskan kolagen yang ada di dalam lapisan kulit yang disebut dermis. Kolagen yang panas tersebut kemudian akan mengerut sehingga kulit tertarik dan menjadi kencang. Dibutuhkan sekali treatment dan tidak memerlukan waktu pemulihan.

Eyelid surgery

Suatu tindakan bedah kelopak mata atas atau bawah mata dengan tujuan untuk mengurangi lemak berlebih pada area tersebut. Dokter bedah akan membentuk lipatan pada kelopak mata atas serta menghilangkan kantung mata.

Browlift

Tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk menaikkan alis mata yang turun serta membantu menghilangkan kerutan di atas batang hidung maupun di sekitar mata.

Facelift

Yaitu bedah plastik dengan membuang sebagian kulit kemudian menariknya ke arah atas, sehingga kulit wajah tampak lebih kencang dan awet muda.

Chemical peeling

Pengelupasan kulit dengan tingkat kedalaman yang bervariasi mulai dari yang superfisial (lapisan atas) hingga yang tingkat sedang. Berfungsi untuk mengurangi kerutan di wajah serta dapat menghilangkan jerawat dan lubang bekas jerawat.

Elektrokauter

Digunakan untuk menghilangkan tumor jinak pada kulit, misalnya tahi lalat yang dangkal dan jerawat batu, dengan menghantarkan panas pada kulit menggunakan suatu alat yang disebut elektrode.