Mengurangi Sifat Pemalu Didepan Umum

Mengurangi Sifat Pemalu Didepan Umum

Rasa malu bisa timbul karena rasa kurang percaya diri hingga gugup bertemu dengan orang lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sifat ini menempel dalam diri Anda. Kepribadian seseorang terbentuk oleh kebiasaan, pengetahuan dan pengalaman yang ia jalani dari waktu ke waktu semenjak ia kecil. Mengubah sifat yang sudah mendarah daging memang sulit. “Untuk bisa berubah, sadari dulu apa yang menjadi tujuan hidup Anda,” saran Hedy Anggrheini, psikolog dan konsultan SDM. Bisakah kesuksesan bisa diraih dengan rasa tak percaya diri? Sifat pemalu bisa dikurangi dengan cara:

Mengurangi sifat pemalu

Buatlah diri Anda merasa nyaman dengan apa yang Anda kenakan. Jika Anda merasa dalam penampilan terbaik, perasaan tersebut dapat menolong Anda menghadapi situasi dan orang baru.

Jika sikap malu itu timbul karena secara fisik merasa mempunyai kekurangan. Hindari terlalu fokus pada diri sendiri yang hanya akan membuat Anda gugup. Fokus pada orang di hadapan Anda, bayangkan di mana mereka tinggal, apa yang mereka lakukan, dan sebagainya. Ini membantu Anda mendapat bahan pembicaraan.

Berlatihlah untuk menyapa atau sekadar tersenyum pada penumpang kereta atau bis yang duduk di sebelah Anda. Ini membantu Anda mengurangi sedikit demi sedikit rasa sungkan.

Sifat rendah diri adalah penyebab utama mengapa seseorang merasa malu. Ia menganggap semua orang lebih hebat dari dirinya sementara dirinya tak punya apa-apa. Gali lebih dalam apa yang menjadi keterampilan Anda. Entah itu memasak atau hobi tertentu. Keterampilan lebih membantu rasa percaya diri muncul.

Hilangkan keinginan mengesankan orang-orang atau menjadi pusat perhatian. Terlalu ingin menyenangkan orang lain membuat Anda tegang dan canggung.