Saat Anak Dibohongi Oleh Temannya

Saat Anak Dibohongi Oleh Temannya

Ada kalanya sikap anak yang polos dimanfaatkan oleh lingkungan sekitarnya. Manika (34), ibu rumah tangga di Jakarta mengalaminya. Putranya (7 tahun) belum mengerti uang. Beberapa kali temannya menukarkan uang putranya senilai Rp 5000 dengan Rp 3000. Bagaimana sikap terbaik yang dapat diambil Manika selaku orangtua?

Psikolog Alissa Wahid menyarankan untuk mendiskusikan masalah ini dengan guru mereka. Tidak perlu takut, karena tujuan utamanya bukan untuk mengadukan anak tersebut, tetapi agar guru dapat melakukan intervensi yang tepat untuk membantunya. Banyak anak tidak menyadari perilaku mereka salah, karena orangtua mereka tidak pernah memberikan batasan yang jelas perilaku mana yang boleh dan tidak boleh.

Guru akan menjadi simpul yang tepat untuk membantu anak, karena guru dapat melakukan intervensi saat di sekolah, juga dapat memberikan umpan balik kepada orangtua anak tersebut. Sementara itu, kita perlu membantu anak kita untuk memahami berbagai jenis uang, mungkin dengan cara-cara yang kreatif sehingga lebih mudah dipahami. Misalnya dengan memperkenalkan lewat permainan warna atau bentuk

Saat Anak Dibohongi Oleh Temannya

Tentu ketika masih anak-anak, perbuatan anak tersebut belum sepenuhnya dipahami. Dengan hal ini, pihak orang tua dan guru sangatlah penting dalam proses pembentukan karakter. Memberikan nasihat baik kepada sang anak akan membantu lebih memahami tentang perbuatan yang baik dan tidak.

Orang tua tentu tidak bisa seratus persen mengawasi perbuatan anak diluar rumah. Anak khsusunya pada masa sekolah awal seperti SD akan sering diluar. Guru menjadi pengawas lain yang juga akan memberikan dampak besar dan tak membiarkan anak didikannya melakukan hal yang tidak baik.

Peran guru dan orang tua, keduanya andil bagian besar dalam pembentukan karakter anak. Seperti misalkan anak membohongi temannya, ini menjadi perhatian karena hal ini tidaklah benar. Menjadi tugas bagi orang tua dan juga guru untuk memberikan pengertian bahwa tindakan itu salah dan tak boleh diulangi lagi.