December 5, 2022

Apakah bisa memblokir aplikasi di Play Store? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh pengguna HP Android. Khususnya para orang tua yang merasa khawatir anak mereka kecanduan gadget. Terlebih ketika sudah menemukan aplikasi atau game favorit seperti Mobile Legends, Free Fire, Roblox dan lain-lain. Nah jawabnya adalah bisa banget untuk memblokirnya. Cara blokir aplikasi di Play Store selengkapnya bisa disimak dibawah ini.

Google Play Store merupakan tempat bagi pengguna HP Android menemukan berbagai aplikasi dan game. Terdapat banyak macam aplikasi dengan fungsi yang beragam. Meskipun hampir keseluruhan aplikasi aman, akan tetapi ada orang tua yang cemas jika anaknya menginstall aplikasi tertentu. Simak cara blok aplikasi di Play Store selengkapnya berikut.

Cara Memblokir Aplikasi di Play Store Agar Tidak Bisa Di Dowonload

Sebagai orang tua, sudah sewajarnya Anda merasa khawatir terhadap anak-anak yang memakai HP secara sembarangan. Karena kita tidak bisa selalu mengawasi mereka setiap kali menggunakan smartphone, maka blokir aplikasi di Google Play Store bisa menjadi langkah cerdas.

Tidak perlu bingung, ikuti saja langkah-langkah dibawah:

  • Pertama-tama, buka Google Play Store di HP Anda
  • Setelah itu, klik tiga strip di pojok kiri layar
  • Kemudian pilih menu Setelan
  • Klik opsi Keluarga
  • Cari menu Kontrol Orang Tua atau Parental Controls
  • Ubah kursor pada parental control menjadi ON
  • Maka secara otomatis Anda disuruh membuat PIN keamanan
  • Buatlah PIN untuk pemasangan aplikasi
  • Lalu konfirmasi PIN baru tersebut
  • Setelah itu klik menu Apps & Games
  • Nantinya muncul pengaturan default
  • Pengaturan ini untuk menentukan batasan usia
  • Klik Simpan
  • Selesai

Anda bisa memperhatikan, apabila sebelumnya parental controls off, maka seluruh usia aktif. Nah sesudah Anda mengatur batas usia, misal 3+. Maka aplikasi dan game yang muncul di Play Store hanyalah rating usia 3+.

Bagaimana, cukup gampang bukan cara blokir aplikasi di Play Store? Setiap orang tua sekarang bisa merasa lebih aman. Tidak perlu cemas apabila anak-anak menginstall aplikasi yang aneh-aneh. Semisal game-game online yang berpotensi membuat mereka kecanduan.

Pentingnya Membatasi Akses ke Aplikasi di Google Play

Play Store memberikan kebebasan kepada para developer untuk merilis aplikasi dengan inovasi-inovasi terbaru. Pastinya aplikasi tersebut sudah melalui proses seleksi dan bukan bermaksud menjadi media kejahatan.

Kebebasan itulah yang membuat setiap orang bisa menginstall apapun di Play Store. Mulai dari aplikasi gratisan sampai berbayar. Semua bisa diunduh dengan mudah dan cepat.

Namun masalahnya, pengguna HP Android tidak semua adalah orang-orang dewasa yang sudah berumur. Tidak sedikit penggunanya masih kategori anak-anak dan membutuhkan bimbingan orang tua.

Karena mengerti akan hal tersebut, pihak Google kemudian merilis fitur Parental Controls. Fungsinya adalah memfilter aplikasi apa saja yang ditampilkan di beranda Play Store. Pengguna bisa menentukan sendiri kategori umur dan mendapatkan rekomendasi paling sesuai.

Anda pastinya sudah sering melihat di berita anak-anak yang menghabiskan uang sampai jutaan rupiah untuk top-up game online. Belum lagi efek kecanduan yang bisa ditimbulkannya apabila anak-anak dibiarkan begitu saja.

Pihak developer pastinya sudah memberikan kategori usia tertentu. Disinilah peran orang tua yang melek teknologi dibutuhkan. Mereka harus memanfaatkan fitur Parental Controls untuk memfilter aplikasi di HP Android anak-anak mereka.

Ketika batasan usia sudah diatur, maka tidak ada rekomendasi yang kurang sesuai dengan umur anak-anak. Game dan aplikasi yang masuk kategori usia diatasnya secara otomatis diblokir atau tidak ditampilkan di beranda Play Store.

Selain game online, anak-anak juga tidak boleh menginstall aplikasi seperti Tinder, MiChat dan sejenisnya. Karena memang itu diperuntukkan bagi usia 18+.

Setelah mempraktekkan cara memblokir aplikasi di Play Store tadi, beranda anak-anak hanya akan diisi dengan aplikasi dan game yang ramah dan cocok untuk usia mereka. Tentu hal ini akan membuat Anda menjadi lebih tenang. Selamat mencoba!

Lihat Juga:

https://sennakasir.co.id/
https://sipinterdindikcilegon.id/
https://www.temanprima.co.id/
https://www.mitra-dana.id/