Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Es Krim Bahasa Inggris Lengkap

Sahabat KBI pernah membuat es krim? atau beli es krim? Pasti teman-teman KBI sudah penasaran bagaimana cara membuat es krimnya? Disini admin akan menjelaskan cara membuat es krim bahasa inggris yang mungkin sobat KBI bisa praktekkan dirumah, agar sobat KBI bisa menghemat uang jajan sobat KBI untuk membelinya.

Tidak hanya belajar membuat es krim, pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan materi bahasa inggris kepada sobat KBI semua dan berhubungan dengan cara membuat es krim. Itu adalah teks bahasa Inggris yang sering kita sebut teks prosedur.

Jadi, tidak hanya bisa membuat es krim, teman-teman KBI juga akan belajar menjelaskan cara pembuatannya dalam bahasa Inggris.

Tak perlu menunggu lama, yuk simak berikut ini ya teman-teman KBI

CARA MEMBUAT ES KRIM

Sebelum membahas cara membuat es krim dalam bahasa Inggris, sobat KBI masih ingatkah dengan apa yang dimaksud dengan procedure text? Sekilas tentang procedure text dalam bahasa inggris, procedure text adalah teks bahasa inggris yang berfungsi untuk menjelaskan cara membuat sesuatu dalam bahasa inggris. Teks prosedur itu sendiri terdiri dari bahan, peralatan dan langkah-langkah. Yuk, langsung saja kita simak berikut ini
Bahan-bahan:
– 4 kaleng susu putih
-2 kaleng susu kental manis putih
-2 sendok makan tepung maizena
-2 sendok makan gula pasir
-2 butir putih telur
-1 sendok teh vanili
Bagaimana membuat:
Pertama campur dan aduk semua bahan susu dan air sambil dipanaskan di atas api kecil.
Kemudian lelehkan dan campur dengan adonan tepung maizena diatasnya.
Setelah itu sambil tetap mengaduk, angkat adonan dari api, campur dengan gula pasir, putih telur dan vanili, lalu aduk terus hingga adonan berwarna putih.
Rebus adonan sambil diaduk terus hingga mendidih.
Angkat adonan dari api sambil terus diaduk hingga dingin agar adonan tidak berputar. Setelah dingin lalu masukkan ke dalam freezer.
Jika sudah dingin dan beku, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti strawberry, choco chips dll untuk mempercantik es krim buatan Anda.
Es krim sederhana selanjutnya siap disajikan
Bahan :
– 4 kaleng susu putih
– 2 kaleng susu kental manis putih
– 2 sendok makan tepung maizena
– 2 sendok makan gula pasir
– 2 putih telur
– 1 sendok teh vanili

Bagaimana membuat :

Pertama-tama campur dan aduk semua bahan susu dan air sambil dipanaskan dengan api kecil.
Kemudian cairkan tepung maizena dan campurkan dengan adonan di atas.
Setelah itu sambil tetap diaduk, keluarkan adonan dari api, campur dengan gula pasir, putih telur dan vanili, lalu aduk terus hingga adonan berwarna putih.
Rebus adonan sambil terus diaduk hingga mendidih.
Angkat adonan dari api sambil terus diaduk hingga dingin agar adonan tidak menggumpal. Setelah dingin masukkan ke dalam freezer.
Jika sudah dingin dan beku, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti strawberry, choco chips dan sebagainya untuk mempercantik es krim buatan Anda.

Selanjutnya es krim simple siap disajikan
Resep Es Krim Coklat
Bahan-bahan:
– 600 ml krim kental (cairan susu krim kocok)
– 3oo ml susu segar full cream
– 250 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
– 175 gr gula pasir
– 30 gr coklat bubuk
– 6 kuning telur
– 1/2 sendok teh esens vanila vanilla
Bagaimana membuat:
Panaskan terlebih dahulu susu cair dan esens vanila dalam wajan dengan api kecil, lalu ambil 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, lalu aduk hingga coklat bubuk larut. Kemudian tuangkan susu ke dalam panci, Masak sambil diaduk hingga mendidih, angkat.
Setelah itu kocok kuning telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi selama 3 menit hingga mengental dan berwarna pucat.
Kemudian tuang larutan susu-cokelat tadi ke dalam kocokan kuning telur yang sudah mengental, aduk dengan spatula sampai rata lalu masukkan kembali ke dalam adonan bekas rebusan susu tadi. Panaskan diatas api kecil selama 3-4 menit sampai adonan mengental.
Selanjutnya Masak heavy cream dalam panci dengan api kecil, bila muncul gelembung-gelembung kecil masukkan dark cooking chocolate, cincang. Keluarkan Pan lalu aduk hingga coklat meleleh dan seluruh adonan terlihat licin.
Kemudian masukkan adonan ke dalam adonan telur-susu krim-coklat, lalu aduk rata dan biarkan hingga dingin. Setelah itu masukkan adonan ke dalam freezer kurang lebih 3 menit, lalu keluarkan dan kocok dengan mixer hingga lembut selama 5 menit.
Ulangi proses ini hingga 3-4 kali hingga donan menjadi lunak. Setelah itu es krim di dalam freezer dan tunggu hingga membeku dan es krim siap disajikan.

Resep Es Krim Coklat

Bahan :
– 600 ml krim kental (cairan susu krim kocok)
– 3oo ml susu cair full cream
– 250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
– 175 gram gula pasir
– 30 gram coklat bubuk
– 6 kuning telur
– 1/2 sendok teh esens vanila vanilla

Bagaimana membuat :

Panaskan terlebih dahulu susu cair dan esens vanila dalam panci dengan api kecil, lalu ambil 50 ml susu untuk

Setelah itu, kocok kuning telur dan gula pasir dengan blender dengan kecepatan tinggi selama 3 menit hingga mengental dan pucat.
Kemudian tuang larutan susu-cokelat ke dalam kuning telur yang sudah mengental, aduk dengan spatula hingga rata, lalu kembalikan adonan ke dalam panci untuk merebus susu. Panaskan dengan api kecil selama 3-4 menit sampai campuran mengental.
Selanjutnya, masak krim dalam panci dengan api kecil, ketika gelembung kecil muncul, tambahkan cokelat masak pekat cincang. Angkat panci dan aduk hingga semua cokelat meleleh dan adonan terlihat halus.
Kemudian tambahkan campuran telur-susu ke dalam campuran krim-cokelat, aduk hingga rata dan biarkan dingin. Kemudian masukkan adonan ke dalam freezer selama kurang lebih 3 jam, lalu keluarkan dan kocok dengan mixer selama 5 menit hingga lembut.
Ulangi proses ini 3-4 kali hingga adonan menjadi lembut. Setelah itu, es krim dimasukkan ke dalam freezer dan menunggu hingga membeku dan es krim siap disajikan.

Semoga bermanfaat untuk sahabat KBI semua

Sumber :