December 5, 2022

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Ponsel Android Google

Menghapus riwayat pencarian di Google HP Android sangat sederhana. Artinya, jika mereka sudah tahu, tetapi masih ada yang tidak mengerti dan bingung. Dengan cara ini, diperlukan tutorial untuk melakukannya.

Kadang bingung juga bisa lewat google support tapi masih bingung. Google sendiri menyimpan banyak data yang telah dicari. Jadi akan muncul lagi.

Misalnya, jika Anda menggunakan kata kunci atau kata kunci yang sama, situs yang dicari sebelumnya akan muncul kembali. Jadi jika Anda tidak ingin muncul lagi, Anda dapat menghapus riwayatnya.

Tidak hanya menyimpan data kata kunci, tetapi bahkan pencarian video dan hal-hal lain di server. Tetapi pengguna tidak dapat langsung menghapus riwayat di server Google.

Jadi, jika pengguna menghapus riwayat pencarian, yang terletak di “Riwayat” di browser web Google, itu tidak akan dihapus. Namun, sekarang dapat dihapus sepenuhnya.
Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Ponsel Android Google

Seseorang yang melakukan pencarian tentu tidak ingin orang lain mengetahuinya, jadi salah satu pilihannya adalah menghapus riwayatnya. Dengan begitu semuanya akan aman dan tidak diketahui orang lain. Inilah cara Anda dapat mencoba menghapus riwayat pencarian Google.

Pertama, Anda dapat membuka halaman utama di Google dan masuk ke akun Google Anda dengan mengklik gambar tiga garis di sudut kiri atas.
Kemudian pilih menu dengan tulisan “Data Anda dalam pencarian”
Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu yang bertuliskan “Delete Activity”.
Langkah selanjutnya adalah opsi “Hapus jam terakhir”, yang berarti pencarian baru 1 jam yang lalu akan dihapus. Serta opsi “Hapus Semua Pencarian” sehingga Anda dapat menghapus semua pencarian yang telah dilakukan.
Setelah dipilih, Anda dapat memeriksa kembali dengan mengetikkan kata kunci. Jika muncul lagi dengan gambar jam, berarti history masih tersimpan.

Cara kedua untuk menghapus riwayat pencarian

Meskipun android yang sama dapat memiliki cara lain. Atau cara pertama mungkin masih gagal. Maka ada solusi selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai berikut.

Pertama, buka aplikasi Google Chrome di ponsel Android Anda dan kemudian pastikan Anda masuk ke akun Google Anda.
Kemudian tap menu tiga titik di pojok kanan atas.
Selanjutnya ada pilihan “Search History”
Cukup ketuk Hapus atau Hapus pada deretan gambar kalender dan kaca pembesar.
Setelah itu, Anda akan melihat rentang waktu dari riwayat yang ingin Anda hapus. Setelah itu, pilih salah satu yang cocok untuk Anda.

Alasan untuk menghapus riwayat Google

Ketika Anda melakukan pencarian, Anda tentu ingin mendapatkan hasil terbaru, terutama berita. Jadi kalau datanya sudah lama atau sudah dibaca, tidak cocok. Oleh karena itu, menghapus riwayat atau cookie sama pentingnya. Berikut adalah alasan penting untuk menghapus riwayat pencarian.

Website yang dikunjungi tidak update, jadi masih menggunakan data lama
Kemungkinan data rahasia dilihat dan diketahui orang lain
Browser juga tidak memperbarui hasil pencariannya
Ada username atau password yang masih tersimpan dan sangat berbahaya jika diketahui orang lain saat menyewa
Data atau file masih tersimpan di histori, yang mungkin muncul lagi

Tentu saja, setiap pencarian dimasukkan ke dalam riwayat, jadi penting untuk menghapus riwayat. Oleh karena itu, sejarah juga harus dihapus. Cara menghapus history pencarian di Google HP Android dengan mudah.

Sumber :