February 4, 2023

Review Rexus Daiva D68SF: Memahami Orientasi Selatan

Rexus, yang sebelumnya merilis Rexus Daiva, menghadirkan versi hadap selatan dari keyboard kompak ini, berjudul Rexus Daiva D68SF, yang terjangkau namun dapat dimengerti.

Sekitar 8 bulan yang lalu sejak publikasi artikel ini, Rexus menawarkan pilihan baru dalam jajaran keyboard ringkas bernama Daiva. Padahal, pasar keyboard mekanik sudah gencar ditembus oleh berbagai merek lokal tahun ini. Sebut saja salah satunya Rexus Daiva, yang kemudian hadir dalam bentuk hadap selatan melalui D68SF.

Hadirnya Daiva versi South Facing menjadi jawaban atas keterbatasan keyboard compact ini yang masih menggunakan North Facing sebelumnya. Tentu saja, dengan hadirnya versi Daiva yang menghadap ke selatan, Rexus D68SF dapat lebih mengukir ceruk pasar keyboard mekanik kompak. Meskipun berbeda dalam arah sakelar, apakah Daiva dan D68SF sangat berbeda?

Simak review Rexus Daiva D68SF (selanjutnya disebut “D68SF”).

DAFTAR ISI
Kotak unboxing Rexus D68SF
Tes gamedaim rexus daiva d68sf 20
kotak depan
Tes gamedaim rexus daiva d68sf 19
kotak belakang

Anak kembar begitu mirip dan tidak jauh berbeda, meski ada satu atau dua hal yang menonjol.

Boks Daiva tidak jauh berbeda dengan boks D68SF, keduanya sama-sama menggunakan tema berwarna ungu. Bahan kotaknya kokoh sehingga aman jika ingin menumpuk kotak lain di atasnya.

Bagian depan kotak menampilkan logo Daiva sedangkan bagian belakang menjelaskan daftar spesifikasi. Teks di kotak ini semuanya berwarna putih sedangkan kotak Daiva sebelumnya berwarna hitam. Saya tidak tahu apakah penggunaan warna teks ini berhubungan dengan warna keyboard atau tidak, namun yang pasti tidak banyak perubahan antara Daiva dan Daiva South Facing.
Tes gamedaim rexus daiva d68sf 18
kotak konten

Konten yang kami terima meliputi:

Keyboard Rexus D68SF
Kabel melingkar USB C ke USB A 1,8 m
Sakelar 2-in-1 dan penarik keycap
Manual
kartu garansi

Inilah yang mungkin membedakan Daiva South Facing dari lini produk kompak Rexus lainnya, yaitu presentasi langsung dari kabel melingkar yang dikepang dan ujung USB berlapis emas. Hanya saja, kali ini Rexus tidak menyediakan 4 switch cadangan untuk D68SF yang sebenarnya dimiliki Daiva.

Sementara keyboard hitam mendapatkan kabel abu-abu, keyboard putih mendapatkan kabel biru kehijauan.

Sumber :