Yuk, Belajar Netiket Agar Tak Dicap Kurang Beradab

Riset yang dipublikasikan Microsoft baru-baru ini menjadi tamparan keras bagi warga internet Indonesia. Betapa tidak, penelitian ini menemukan bahwa pengguna internet Indonesia masih kurang beradab. Temuan ini tentu saja memicu reaksi berbeda. Apakah netiket warga negara Indonesia benar-benar rendah? Pertama, mari kita pelajari apa itu netiket agar Anda bisa memahami hal ini dengan jelas.

Apa itu netiket?

Netiquette atau netiket merupakan gabungan dari kata “jaringan” dan “etiket”

. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada etika sosial internet atau etika komunikasi internet. Sederhananya, ketika kita berkomunikasi di internet, kita juga harus memiliki etika.

Apa saja etika komunikasi di internet? Dikutip dari communication.uinsgd.ac.id, ada beberapa poin penting dalam etika.

(1) Memanusiakan orang

Saat berkomunikasi dengan pengguna lain secara online

, ingatlah bahwa mereka juga manusia. Mereka juga bisa merasa tersinggung, sedih, marah, dan terluka saat membaca teks yang kasar atau tidak sopan. Oleh karena itu, jangan meninggalkan pesan atau komentar yang akan merugikan orang lain.

(2) Ikuti standar komunikasi dunia nyata

Ya walaupun tidak bertemu atau bertatap muka, terapkan etika komunikasi dunia nyata saat berkomunikasi di dunia maya.

Saat berkomunikasi, bayangkan Anda bertatap muka dengan orang tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti di ruang publik, kita diajarkan untuk tidak meludah sembarangan, memakai masker jika sedang pilek, tidak duduk di kursi prioritas, tidak berbicara terlalu keras, dan sebagainya.

Semua etika ini bukanlah aturan tertulis

, tetapi banyak orang yang mengikutinya. Namun bagaimana jika komunikasi atau interaksi terjadi di balik layar laptop atau smartphone? Toh, banyak orang yang enggan mempelajari netiket karena identitasnya bisa disembunyikan. Kondisi ini membuat orang lain mengabaikan etika berinternet. Kita dapat dengan mudah meninggalkan komentar kebencian di postingan orang lain yang bahkan tidak kita kenal.

Jika kondisi ini dipertahankan, banyak hal negatif yang akan muncul, seperti terjadinya pertengkaran, laporan palsu, pertengkaran yang berujung pada gangguan kesehatan mental. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna ponsel terbanyak di dunia.

(3) Ikuti aturan yang berlaku di dunia maya

Grup atau forum di media sosial atau di dunia maya pasti memiliki aturan sendiri. Misalnya, bergabunglah dengan forum pecinta kucing di Facebook. Jadi silakan pelajari aturan atau peraturan forum. Jangan izinkan Anda untuk berkomunikasi atau membagikan postingan terlarang di forum.

Tidak hanya di forum Facebook, aturan ini harus berlaku untuk semua platform media sosial yang Anda ikuti. Anda dapat berkomunikasi dengan nyaman tanpa menimbulkan konflik dengan pengguna lain.

(4) Hormati waktu dan tanggal orang lain

Jangan sampai diri Anda terbuang percuma untuk berbagi waktu dan paket data orang lain dengan hal-hal yang negatif dan kurang produktif, terutama saat bergabung di forum online. Hindari memposting informasi dasar atau berulang. Bahkan jika ada perbedaan pendapat, jangan berdebat dengan anggota lain di forum, karena ini dapat mengganggu pengguna lain.

(5) Berusaha terlihat baik di dunia maya

Sekalipun identitas kita tidak terlihat, usahakan untuk menjaga citra di dunia maya. Bagaimana? Setiap kali Anda memposting sesuatu, pastikan ejaannya benar dan tidak ada kesalahan ketik yang dapat menyebabkan salah tafsir.

(6) Jangan lupa rajin berbagi ilmu

Dunia maya juga dapat dijadikan sebagai media untuk bertukar ilmu. Jika Anda ahli dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu tersebut kepada orang lain. Ini adalah cara yang bagus untuk membantu orang lain dan memperluas jaringan Anda.

(7) kesabaran, tidak perlu emosi

Perbedaan pendapat tentang suatu masalah adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, Anda harus belajar menghadapi setiap krisis dunia maya dengan kepala dingin dan tidak terbawa emosi. Bahkan ketika Anda marah, Anda tidak perlu membawanya ke dunia maya. Jika terlambat, jangan sungkan untuk meminta maaf.

(8) Hormati privasi orang lain

Bagaimana Anda melindungi privasi orang lain? Jika Anda tidak sengaja mengakses akun orang lain, jangan membukanya tanpa izin. Jangan biarkan Anda membaca email atau kotak masuk orang lain, karena itu akan menjadi milik mereka

Lihat Juga :

https://mozillalinks.org/
https://jurubicara.id/
https://memphisthemusical.com/
https://minglebox.com/
https://dolanyok.com/
https://4winmobile.com/